Newsletter

Kenali Bahan Tas Wanita Sebelum Membeli Tas Secara Online Maupun Offline

bahan tas

Tas wanita menjadi aksesoris wajib baik untuk busana kasual maupun busana formal. Banyaknya model tas wanita di pasaran mengharuskan konsumen untuk pandai-pandai memilih kualitas dan jenis bahan tas wanita yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Dengan mengenal beberapa bahan tas wanita berikut ini, niscaya Anda bisa menemukan tas yang tepat.

1. Bahan tas kulit
Bahan kulit merupakan bahan yang paling sering dijadikan sebagai bahan tas wanita. Kulit binatang seperti kulit kambing, buaya, kerbau atau sapi sering dipakai sebagai bahan pembuat tas maupun dompet karena memiliki karakteristik struktur yang tak rata serta pori-pori kulit yang besar. Seiring berjalannya waktu, mulai dikembangkan bahan kulit sintetis dengan beberapa tingkatan kualitas. Untuk kualitas premium, kita mengenal jenis Murano, Platinum atau Mbtech. Sedangkan untuk kelas rendah hingga menengah ada jenis Oscar, Vinotec dan Carviero.

Karakteristik bahan kulit juga dibedakan menjadi dua hasil penyamakan yakni suede dan kulit standar. Suede memiliki permukaan yang sedikit kasar dan berbulu. Sedangkan bahan kulit standar memiliki permukaan yang licin dan mengkilap. Dari segi harga tentu saja berbeda. Tas wanita berbahan kulit asli bisa dijual dengan harga lebih mahal daripada tas kulit sintetis. Jadi, Anda harus jeli ketika membeli tas berbahan kulit agar tidak mudah tertipu.

2. Bahan tas denim
Anda tentu mengenal bahan denim yang sering dijadikan sebagai bahan celana jeans maupun jaket. Denim juga sering dijadikan bahan tas wanita karena karakteristiknya yang kuat, tahan lama dan lentur. Bahan tas denim awalnya berkembang di Eropa, kemudian menjalar ke Amerika. Denim kemudian semakin populer ketika dijadikan bahan celana jeans merk Levi's. Beberapa merk tas wanita terkenal seperti Gucci dan Prada pernah merilis produknya menggunakan bahan denim.

3. Bahan tas kanvas
Kanvas tak hanya dipakai dalam pembuatan lukisan tapi juga dipakai sebagai bahan tas wanita maupun sepatu. Kain kanvas memiliki struktur serat yang sedikit kasar dan agak tebal sehingga cocok dipakai sebagai bahan tas lukis maupun kreasi tas lainnya. Ada dua jenis kain kanvas yang dipakai sebagai bahan tas yakni kanvas murni dan kanvas sintetis. Kanvas murni terbuat dari serat kain linen dengan karakteristik kuat, lentur dan ringan. Sedangkan kanvas sintetis terbuat dari campuran polyester dan kain katun/black sehingga menyerupai kulit sintetis yang tipis.

4. Bahan tas vinil
Bahan tas wanita selanjutnya adalah vinil. Vinil merupakan bahan sintetis hasil pengolahan plastik yang memiliki ketahanan cukup baik. Karena bahan vinil memiliki karakteristik kaku, maka diperlukan jahitan spesial agar bisa tahan lama dan tak mudah robek. Berkat karakteristiknya ini, vinil sering dipakai sebagai bahan tas wanita untuk aktivitas outdoor seperti tas kamera atau ransel. Ada dua jenis vinil di pasaran yakni vinil non shinning dan vinil yang mengkilap.

5. Bahan tas nylon
Bahan sintetis seperti nylon termasuk sering dipakai sebagai bahan tas wanita. Material ini tahan air dan kuat membuatnya cocok dipakai sebagai bahan tas ransel, tas kamera atau tas outdoor. Sifat material nylon yang kaku dan terbuat dari benang-benang yang tebal membuat bahan tas ini memiliki usia pakai yang panjang. Produsen tas ternama Jimmy Choo sering merilis tas wanita yang menggunakan material nylon.

6. Bahan tas satin
Satin yang tipis dan sedikit mengkilap juga sering dijadikan bahan tas wanita. Awalnya satin terbuat dari sutera, kemudian berkembang menjadi hasil perpaduan antara bahan wol, sutera dan polyester. Karena satin halus dan ringan bahkan terkesan menerawang, bahan kain ini kerap diaplikasikan sebagai bagian dalam tas atau bagian luar tas pesta.

7. Bahan tas parasut
Sekilas bahan tas wanita dari parasut menyerupai nylon tapi lebih tipis. Parasut biasanya anti air, kuat dan tahan lama sehingga sering dipakai sebagai bahan tas outdoor seperti ransel. Parasut kualitas rendah cenderung tipis dan terlihat kusut jadi lebih cocok sebagai bahan dalaman tas.

8. Bahan tas katun
Kain katun atau blacu sering dipakai sebagai lapisan dalam tas atau bahan dasar tas. Kain ini bersifat halus, lentur dan mudah dibentuk sehingga sering dijadikan bahan tas wanita untuk pesta. Beberapa produsen tas sering mengkombinasikan tas bahan katun dengan berbagai motif menarik seperti motif batik atau tribal. Tapi tentu saja harga yang ditawarkan setara dengan motif maupun aksesoris tambahan yang disertakan.

9. Bahan tas akrilik
Tas wanita jenis clutch sering terbuat dari material akrilik. Material akrilik merupakan sejenis plastik terbuat dari campuran resin sintetis dan fiber. Sifatnya yang keras dan tebal membuatnya sering dipakai sebagai bahan pembuat rantai jam, manik-manik tas, gelang dan lainnya. Selain mengetahui jenis bahan tas wanita yang hendak dibeli, Anda juga perlu mengetahui cara memilih tas yang tepat. Memilih tas tak bisa sembarangan apalagi tas mahal yang bisa dijadikan investasi untuk jangka panjang. Demi bisa memilih tas yang tepat, Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini.

Tips Memilih Tas Wanita yang Tepat

Pilih bahan dan warna yang sesuai
Bila menghendaki tas yang mudah perawatannya, lebih baik hindari bahan tas wanita dari kulit asli. Bahan tas dari kulit asli seperti kulit buaya atau kulit sapi membutuhkan perawatan ekstra agar kualitasnya tetap terjamin hingga beberapa tahun mendatang. Warna tas yang hendak dibeli juga disesuaikan dengan tujuan pemakaian tas. Bila ingin membeli tas pesta sebaiknya pilih warna yang berbeda dengan warna baju pesta yang hendak dipakai. Biasanya tas warna hitam menjadi tas yang harus dimiliki karena memiliki kesan formal.

Ukuran yang digenggam dengan satu tangan
Selain bahan tas wanita, ukuran tas juga perlu dipertimbangkan. Tas wanita untuk pesta lebih baik yang praktis atau berukuran kecil dan bisa digenggam dengan satu tangan seperti clutch. Tas berukuran besar dan memiliki banyak kompartermen seperti tote bag tentunya kurang pas jika dipakai ke pesta.

Lebih baik memilih tas dengan desain sederhana
Membeli tas baru tak hanya memikirkan mengenai bahan dan peruntukkannya saja. Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai desainnya. Lebih baik membeli desain tas yang sederhana namun fungsional sehingga bisa dipakai untuk segala kesempatan daripada membeli tas berdesain unik tapi jarang dipakai. Membeli tas juga perlu mempertimbangkan aturan yang berlaku jangan sembarang mengekspresikan diri. Anda bisa saja membeli tas berdesain unik untuk pesta tapi jangan bawa tas tersebut untuk bekerja. Demikian pula hindari membawa tas kerja berukuran besar ketika menghadiri pesta.

Beberapa instansi ada yang menerapkan aturan mengenai tas maupun penampilan karyawannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kecemburuan antar karyawan yang disebabkan oleh persaingan harga tas yang dipakai oleh karyawan. Jadi, jangan abaikan ketentuan ini hanya karena Anda ingin tampil beda dari yang lain. Dengan mengenal bahan tas wanita dan mengetahui cara memilih tas yang tepat, Anda bisa mendapatkan tas wanita yang sesuai dengan tujuan penggunaan dan dana yang dimiliki. Jika Anda jeli, tentunya akan terhindar dari kejadian salah membeli tas.

Dokumentasi video untuk pembuatan kulit sintetis: